Welcome To My Blog

Rabu, 13 November 2013

Manajemen Umum



Rangkuman :           
MANAJEMEN

 Pengertian Manajemen
Kata  Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti "seni melaksanakan dan mengatur" . Manajemen dapat diartikan sebagai ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan dan lain sebagainya. Chaster I Bernard dalam buku yang berjudul The Fungction of the Executive, bahwa manajemen yaitu seni dan ilmu

*      Jika dilihat dari literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dikategorikan menjadi 3 yaitu :

§  1. manajemen sebagai suatu proses.
§  2. manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia.
§  3. manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).

 Manajemen Menurut Hasibuan
Adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan SDM ( Tenaga Organisasi) dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Manajemen Menurut Mary Parker
Adalah Seni Untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui pemanfaatan kegiatan yang tersedia( seni dan ilmu ). 
 Definisi Manajemen Menurut G.R.Terry
Yaitu POAC ( Planning, Organizing, Actuating, dan Contolling ), yang diantaranya adalah :
1.      Perencanaan  : - Tujuan Dan Langkah-langkah/aktifitas/tindakan
                        : - Metode/cara
                        : - RencanaLainnya
2.      Pengorganisasian : Mengkoordinasikan pemanfaatan SDM Dan SDL Yaitu Koordinasi : Penyampaian persepsi /pendapat semua orang dalam melaksanakan SDM Dan SDL.
3.      Pengerahan / Menggerakan : Tugasnya membantu/mendorong orang lain agar  dia mau dan mampu bekerja dan baik.
4.      Pengendalian : Untuk menjamin agar organisasi bergerak kearah tujuan

Definisi Menurut Ricky W. Griffin
Mendefinisikan Manajemen sebagai sebuah proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkoordinasian, dan Pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
·         Unsur-Unsur Manajemenya itu dengan 6 M
1. Man ( manusia )            4. Machine ( Peralatan )
2. Money ( uang )              5. Methode
3. Material ( materi )         6. Market ( DuniaKerja )

Definisi Menurut Harold Koontz Dan Cyril O’donnel

Yaitu POSDC ( Planning ,Organizing, Staffing, Directing dan cotroling ).
Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
Definisi Menurut Andrew F.Sikula
      Yaitu POCSLMCD (Planning, Organizing, Controlling, Staffing, Leading, Motivating, Communication, Decision making).
Definisi Menurut Henry Fayol
Yaitu POC3 ( Planning, Organizing, Coordinating, commanding, Conrolling).

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen yaitu Koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Dan Manajemen adalah Unsur-unsur manajemen yang dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien yang terintegrasi  melalui proses organisasi untuk mencapai suatu tujuan

*    Fungsi - fungsi Manajemen

·         Fungsi manajemen menurut beberapa penulis antara lain :
1) .  Ernest Dale              : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating,          Representing dan Controling.

2) .Prof.Oey Liang Lee : Planning, Organizing, Directing, Coordinating, Controlling.

3) .James Stoner            : Planning, Organizing, Leading, Controling.

4) .William H Newman : Planning, Organizing, Assembling Resources (perakitan),                                          Controling.

5). Louis A Allen               : Leading, Planning, Organizing, Controling.

6) . Josh Robert Beishline : Perencanaan, Organisasi, Komando, Kontrol.

7). Willem Sprigel             : Planning, Organizing, Controling.

8). Lyndallo F Urwick      : Forescating, Planning, Organizing, Commanding,
Coordinating, Controling.

9). Dr. SP SiagianMPA    : Planning, Organizing, Motivating, Controlling, evaluating

10). PrayudiAtmosudirjo : Planning, Organizing, Directing/Actuating, Controlling.

11). DR WinardiSE           : Planning, Organizing, Coordinating, Actuating, Leading, Communicating, Controlling,

12). The Liang Gie            : Planning, Decision Making, Directing, Coordinating,Controlling, Improving.

13). Mc. Namara               : Planning, Programming, Budgetting(Penganggaran), System

14). Luther Gullick           : Planning, Organizing, Staffing, Directing,Reporting, Budgetting.

15). Jhon D. Millet            : Directing, Facilitating

16). John F. Mee               : Planning, Organizing, Motivating, Controlling


Manajemen dan Manajer

*      Tingkatan Manajemen
·         Pembagian manajemen dari tingkatan dalam suatu organisasi :
a.  Manajemen Lini (Tingkat Pertama), yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi di mana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain, misalnya mandor / pengawas produksi dalam suatu pabrik.
b.  Manajemen Menengah (Midle Manager), mencakup lebih dari satu tingkatan di dalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi. Contoh Kepala Bagian yang membawahi kepala seksi.
c. Manager Puncak (Top Manager), suatu kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. Mereka yang menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya. Sebutan khasnya adalah Chief Executive Officer (Direktur Utama), Presiden dan Senior Vicepresident.

Manajemen Sebagai Suatu Proses Mencapai Tujuan
-          Proses adalah cara yang sistimatik untuk melaksanakan satu pekerjaanya itu system ( berjalan dengan sendirinya ).
§  Sumber Daya ; keuangan, informasi, danManusia
-          Manajer Harus Punya Keahlian, Ketrampilan, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, danpemipin.

Peranan Informasi Dalam Penentuan Tujuan
Seseorang / sekelompok orang yang mengambil keputusan untuk berwirausaha akan dihadapkan pada pertanyaan, dalam bidang /sektor industry apa mereka bergerak dengan kata lain tujuan apa yang ingin di capai .
Peran Penting Dalam Mengatasi keterbatasan Manusia
1. Dalam Hal inidalamPembagianTugas :
-          Job description ( TugasdanFungsi )
-          TanggungJawab
2. Untuk Meningkatkan efektifitas dan efisiensi semua potensi yang ada
3. Untuk Menekan Pemborosan
4. agar tujuan danl angkah-langkah jelas terarah
5. proses pencapaian tujuan teratur dan kontinyu
6. dengan manajemen tercipta pedoman pikiran dan tindakan
7. untuk mengarhkan untuk mengokohkan kerja sama kelompok.
Pentingnya Penciptaan  Dan Penggunaan Mekanisme Umpan Balik
Informasi Yang Diperoleh melalui penilaian sangat penting artinya sebagai umpan balik bagi semua pihak dalam organisasi. Bagi Para manajer fungsional umpan balik berguna untuk mengambil berbagai langkah sehingga manajemen makin mampu mewujudkan efisiensi, efektifitas, kinerja ,produktivitas yang makin tinggi dalam bidang fungsional yang menjadi tanggung jawabnya.

vManajer Dalam Organisasi
*      Hal Yang Harus di perhatikan seorang Manajer adalah
1. Manajer itu bekerja dengan dan melalui orang lain untuk menggerakan organisasi melalui bawahan/anggota, manajer lain, individu lain/masyarakat.
2. Manajer bertanggung jawab dan dapat di gugat dalam tugasnya dalam hal mengawasi dan mengatur terhadap pekerjaannya sendiri dan bawahannya.
3. ManajerMenyelaraskantujuan-tujuan yang salingbertentanganmenentukanprioritas.
4. Manajer berpikiran alitik( membedah,menguraikan ) dan konseptual.
ü  Analitik : Pecahatas komponen-komponen, analisir,dan cara pemecahan
ü  Konseptual: menguasai seluruh kegiatan dalam organisasi/perusahaan atau rangkaian tugas.
5. Manajer adalah penengah
6. Manajer adalah politisi        Aliansi dan Koalisi
7. Manajer adalah Diplomat (orang yang ahli bernegosiasi dengan orang lain).
8. manajer adalah lambangya itu Keberhasilan dan kegagalan.
9. Manajer mengambil keputusan untuk kepentingan organisasi . intinya adalah Decision making : kepemimpinan adlah organisasi mengambil keputusan terutama masalah pelik (sulit).

*      Informsi Untuk Kepentingan Pengorganisasian
Teori Klasik Tentang Organisasi Mengatakan Bahwa Semua Kegiatan Yang Berlangsung Secara Berlanjut Memerlukan Pewadahan yang kadang kala disebut proses institusionalisasi/pelembagaan termasuk penempatan tenaga kerja yang dikerjakan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan tersebut.
            Kesimpulan : Seorang Manajer harus menerangkan peran-peran tertentu.

Sistem-sistem Manajemen
Adalah Yang Merupakan oleh menejer dalam organisasi. Sistem Ini dipengaruhi oleh : - Karakter manajer, Keadaan Organisasi dan ilmu dan seni.
1). Paternalistik Management
-Bapak : Pemimpin Harus mempunyai karisma, paling baik, dan  paling benar.

2). Menejemen Tertutup
Adalah menejer tidak memberitahu / menginformasikan kepada bawahan, keputusn-keputusan yang diambil tanpa partisipasi bawahan. Menejer sifatnya otoriter(berkuasa sendiri),yang paling pintar dan benar.
3). Manajemen Terbuka
- Manajemen banyak menginformasikan keadaan kepada bawahan
- keputusan melalui partisipasi bawahan termasuk dalam hal pemecahan masalah.
4). Menejemen Demokrasi
Hampir sama dengan menejemen terbuka : Menejemen demokrasi terdapat dalam suatu organisasi yang setiap anggotanya mempunyai hak yang sama.

*      Harsbion Myers Menuliskan Buku “Management In Industrial World
·         Ada 3 Sistem Manajemen yaitu :
1. Patrimunial Management yaitu Manajemen Keluarga
2. Polotical  Management yaitu Orang yang memiliki politik yang sama
3. Profesional Management yaitu berdasarkan keahlian, prestasi, dan kecakapan.