Rangkuman :
MANAJEMEN
Pengertian Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno
ménagement, yang memiliki arti "seni
melaksanakan dan mengatur" . Manajemen dapat
diartikan sebagai ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan dan lain
sebagainya.
Chaster I Bernard dalam buku
yang berjudul “The Fungction
of the Executive”, bahwa
manajemen yaitu seni dan ilmu
Jika dilihat
dari literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dikategorikan menjadi 3
yaitu :
§ 1. manajemen
sebagai suatu proses.
§ 2. manajemen
sebagai suatu kolektivitas manusia.
§ 3. manajemen
sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).
Manajemen Menurut Hasibuan
Adalah
ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan SDM ( Tenaga Organisasi) dan sumber
daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Manajemen Menurut Mary Parker
Adalah
Seni Untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui pemanfaatan kegiatan yang tersedia(
seni dan ilmu ).
Definisi Manajemen Menurut G.R.Terry
Definisi Manajemen Menurut G.R.Terry
Yaitu
POAC ( Planning, Organizing,
Actuating, dan Contolling ), yang diantaranya adalah :
1. Perencanaan : - Tujuan Dan
Langkah-langkah/aktifitas/tindakan
: -
Metode/cara
: -
RencanaLainnya
2. Pengorganisasian
: Mengkoordinasikan pemanfaatan SDM
Dan SDL Yaitu Koordinasi : Penyampaian persepsi /pendapat semua
orang dalam melaksanakan SDM Dan SDL.
3. Pengerahan / Menggerakan :
Tugasnya membantu/mendorong orang lain agar
dia mau dan mampu bekerja dan baik.
4. Pengendalian : Untuk
menjamin agar organisasi bergerak kearah tujuan
Definisi Menurut Ricky W. Griffin
Mendefinisikan
Manajemen sebagai sebuah proses Perencanaan, Pengorganisasian,
Pengkoordinasian, dan Pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif
dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan
dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar,
terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
·
Unsur-Unsur
Manajemenya itu dengan 6 M
1.
Man ( manusia ) 4. Machine ( Peralatan
)
2.
Money ( uang ) 5. Methode
3.
Material ( materi ) 6. Market (
DuniaKerja )
Definisi Menurut Harold Koontz Dan Cyril O’donnel
Yaitu POSDC ( Planning ,Organizing, Staffing,
Directing dan cotroling ).
Manajemen
adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
Definisi Menurut Andrew F.Sikula
Yaitu POCSLMCD (Planning, Organizing, Controlling, Staffing, Leading,
Motivating, Communication, Decision making).
Definisi Menurut Henry Fayol
Yaitu POC3 (
Planning, Organizing, Coordinating, commanding, Conrolling).
Dari definisi di atas dapat disimpulkan
bahwa manajemen yaitu Koordinasi semua
sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga
kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
terlebih dahulu.
Dan Manajemen adalah Unsur-unsur manajemen
yang dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien yang terintegrasi melalui proses organisasi untuk mencapai
suatu tujuan
Fungsi - fungsi Manajemen
·
Fungsi manajemen menurut beberapa penulis
antara lain :
1) . Ernest Dale
: Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating, Representing dan Controling.
2) .Prof.Oey Liang Lee : Planning, Organizing, Directing,
Coordinating, Controlling.
3) .James
Stoner : Planning, Organizing, Leading, Controling.
4) .William H Newman
: Planning, Organizing, Assembling
Resources (perakitan), Controling.
5). Louis
A Allen :
Leading, Planning, Organizing, Controling.
6) . Josh
Robert Beishline : Perencanaan, Organisasi, Komando,
Kontrol.
7). Willem
Sprigel :
Planning, Organizing, Controling.
8). Lyndallo
F Urwick :
Forescating, Planning, Organizing, Commanding,
Coordinating, Controling.
9). Dr. SP SiagianMPA :
Planning, Organizing, Motivating, Controlling, evaluating
10). PrayudiAtmosudirjo
: Planning, Organizing,
Directing/Actuating, Controlling.
11). DR WinardiSE :
Planning, Organizing, Coordinating, Actuating, Leading, Communicating,
Controlling,
12). The Liang Gie : Planning, Decision Making, Directing,
Coordinating,Controlling, Improving.
13). Mc. Namara : Planning, Programming, Budgetting(Penganggaran), System
14). Luther Gullick : Planning, Organizing, Staffing,
Directing,Reporting, Budgetting.
15). Jhon D. Millet :
Directing, Facilitating
16). John F. Mee : Planning, Organizing,
Motivating, Controlling
Manajemen dan Manajer
Tingkatan
Manajemen
·
Pembagian manajemen dari tingkatan
dalam suatu organisasi :
a. Manajemen Lini
(Tingkat Pertama), yaitu tingkatan yang paling rendah dalam
suatu organisasi di mana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang
lain, misalnya mandor / pengawas produksi dalam suatu pabrik.
b. Manajemen
Menengah (Midle Manager), mencakup lebih dari satu tingkatan di
dalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga
mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi. Contoh
Kepala Bagian yang membawahi kepala seksi.
c. Manager Puncak
(Top Manager), suatu kelompok
yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari
organisasi. Mereka yang menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing
hubungan organisasi dengan lingkungannya. Sebutan
khasnya adalah Chief Executive Officer (Direktur Utama), Presiden dan Senior
Vicepresident.
Manajemen Sebagai Suatu Proses
Mencapai Tujuan
-
Proses adalah cara yang sistimatik untuk
melaksanakan satu pekerjaanya itu system ( berjalan dengan sendirinya ).
§ Sumber
Daya ; keuangan, informasi, danManusia
-
Manajer Harus Punya Keahlian,
Ketrampilan, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, danpemipin.
Peranan Informasi Dalam Penentuan
Tujuan
Seseorang
/ sekelompok orang yang mengambil keputusan untuk berwirausaha akan dihadapkan
pada pertanyaan, dalam bidang /sektor industry apa mereka bergerak dengan kata
lain tujuan apa yang ingin di capai .
Peran Penting Dalam Mengatasi keterbatasan
Manusia
1.
Dalam Hal inidalamPembagianTugas :
-
Job description ( TugasdanFungsi )
-
TanggungJawab
2.
Untuk Meningkatkan efektifitas dan efisiensi semua potensi yang ada
3.
Untuk Menekan Pemborosan
4.
agar tujuan danl angkah-langkah jelas terarah
5.
proses pencapaian tujuan teratur dan kontinyu
6.
dengan manajemen tercipta pedoman pikiran dan tindakan
7.
untuk mengarhkan untuk mengokohkan kerja sama kelompok.
Pentingnya Penciptaan Dan Penggunaan Mekanisme Umpan Balik
Informasi
Yang Diperoleh melalui penilaian sangat penting artinya sebagai umpan balik
bagi semua pihak dalam organisasi. Bagi Para manajer fungsional umpan balik
berguna untuk mengambil berbagai langkah sehingga manajemen makin mampu
mewujudkan efisiensi, efektifitas, kinerja ,produktivitas yang makin tinggi
dalam bidang fungsional yang menjadi tanggung jawabnya.
vManajer Dalam Organisasi
Hal
Yang Harus di perhatikan seorang Manajer adalah
1.
Manajer itu bekerja dengan dan melalui orang lain untuk menggerakan organisasi melalui
bawahan/anggota, manajer lain, individu lain/masyarakat.
2.
Manajer bertanggung jawab dan dapat di gugat dalam tugasnya dalam hal mengawasi
dan mengatur terhadap pekerjaannya sendiri dan bawahannya.
3.
ManajerMenyelaraskantujuan-tujuan yang salingbertentanganmenentukanprioritas.
4.
Manajer berpikiran alitik( membedah,menguraikan ) dan konseptual.
ü Analitik
: Pecahatas komponen-komponen, analisir,dan cara pemecahan
ü Konseptual:
menguasai seluruh kegiatan dalam organisasi/perusahaan atau rangkaian tugas.
5.
Manajer adalah penengah
6. Manajer adalah politisi Aliansi dan Koalisi
7.
Manajer adalah Diplomat (orang yang ahli bernegosiasi dengan orang lain).
8.
manajer adalah lambangya itu Keberhasilan dan kegagalan.
9.
Manajer mengambil keputusan untuk kepentingan organisasi . intinya adalah
Decision making : kepemimpinan adlah organisasi mengambil keputusan terutama masalah
pelik (sulit).
Informsi
Untuk Kepentingan Pengorganisasian
Teori
Klasik Tentang Organisasi Mengatakan Bahwa Semua Kegiatan Yang Berlangsung
Secara Berlanjut Memerlukan Pewadahan yang kadang kala disebut proses
institusionalisasi/pelembagaan termasuk penempatan tenaga kerja yang dikerjakan
untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan tersebut.
Kesimpulan
: Seorang Manajer harus menerangkan peran-peran
tertentu.
Sistem-sistem Manajemen
Adalah
Yang Merupakan oleh menejer dalam organisasi. Sistem Ini dipengaruhi oleh : -
Karakter manajer, Keadaan Organisasi dan ilmu dan seni.
1). Paternalistik Management
-Bapak
: Pemimpin Harus mempunyai karisma, paling baik, dan paling benar.
2). Menejemen Tertutup
Adalah
menejer tidak memberitahu / menginformasikan kepada bawahan, keputusn-keputusan
yang diambil tanpa partisipasi bawahan. Menejer sifatnya otoriter(berkuasa
sendiri),yang paling pintar dan benar.
3). Manajemen Terbuka
- Manajemen
banyak menginformasikan keadaan kepada bawahan
- keputusan
melalui partisipasi bawahan termasuk dalam hal pemecahan masalah.
4). Menejemen Demokrasi
Hampir sama dengan menejemen terbuka : Menejemen demokrasi terdapat dalam
suatu organisasi yang setiap anggotanya mempunyai hak yang sama.
Harsbion Myers Menuliskan Buku “Management In Industrial World”
·
Ada
3 Sistem Manajemen yaitu :
1.
Patrimunial Management yaitu Manajemen Keluarga
2.
Polotical Management yaitu Orang yang
memiliki politik yang sama
3.
Profesional Management yaitu berdasarkan keahlian, prestasi, dan kecakapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar